Cherry Blossom (Sakura)

sakura Januari

Haru No Sakura

Ketika bulan Maret akan berakhir, masyarakat Jepang menyambut April dengan penuh sukacita.Akhir Maret melambangkan berakhirnya musim salju berganti musim semi, musim ketika bunga sakura, bunga kehidupan itu bermekaran. Kebun dan taman yang sebelumnya putih tertutup salju berganti pink dan putih serta menghangat seiring datangnya musim semi. Keindahan yang membuat hati bergetar, yang menyatukan banyak sahabat dan kerabat.

Musim semi merupakan musim yang menjadi simbol datangnya masa depan cerah dan penuh harapan. Oleh sebab itu, masyarakat Jepang menyambut musim semi dengan gembira. Setiap bunga kehidupan ini mekar, masyarakat Jepang selalu merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Mereka makan bersama, bermain, bersenda gurau sambil membentangkan tikar di bawah pohon dengan bunga-bunga nan indah itu.

Perayaan itu dilakukan dengan menyusuri taman sambil melakukan renungan serta menikmati berbagai hidangan di bawah bunga-bunga sakura yang cantik itu. Perayaan ini dikenal dengan istilah hanami. 

Arti Bunga Sakura

Sebagai bunga yang memiliki masa mekar sangat singkat, yaitu sekitar setengah bulan sejak bunga mulai mekar hingga layu, sakura memiliki beberapa makna khusus dan filosofi mendalam bagi masyarakat Jepang. Pertama, bunga kehidupan ini berarti kesejukan, kebahagiaan, keheningan, dan ketenangan. Kesejukan karena rimbunnya kumpulan bunga mampu memberikan kelembutan angin yang berhembus. Kebahagiaan dan keheningan karena bunga sakura seolah datang membawa sekeranjang kebahagiaan yang tak akan bisa diberikan oleh bunga lain yang berasal dari manapun.

Kedua, bunga kehidupan ini bermakna perpisahan ketika mulai berguguran diterpa angin. Tiada yang abadi. Saat ada pertemuan pasti ada perpisahan. Pertemuan yang membawa kebahagiaan dan perpisahan yang akan membawa kesedihan. Tetapi perpisahan itu hanya sementara, ketika musim berganti, pertemuan akan kembali terjadi. Pada saat itu, ada waktu singkat memadu kasih dan menikmati dunia bersama.

Ketiga, kecantikan bunga sakura melambangkan kegembiraan dan kesedihan. Kegembiraan karena kecantikannya membuat hati senang. Tidak ada orang yang tidak senang melihat hamparan keindahan yang tersuguh dengan luasnya. Senyum akan mengembang dan virus gembira menyebar dengan cepat. Tapi keindahan itu memang ada tenggat waktunya. Seperti juga keindahan fisik manusia, pada suatu hari keindahan fisik itu akan sirna. Hanya keindahan jiwalah yang akan menghadirkan keindahan sesungguhnya.

Jadi, kesedihan itu tidak harus diratapi. Kesedihan itu adalah sebagian kecil dari seni menata hidup. Kesedihan akan menjadi tonggak kebahagiaan ketika dilihat dari betapa kesedihan sebagai ujian dan ujian pasti ada akhirnya. Bunga ini begitu tepat untuk melukiskan kebahagiaan dan kesedihan pada waktu yang sama karena memang begitulah hidup. Satu hari bahagia, satu hari bersedih, lalu berbahagia lagi, dan seterusnya.

Bunga sakura mengingatkan manusia agar selalu bersyukur sebagai penghargaan atas kehidupan dan kesedihan. Bunga kehidupan ini sebagai pengingat bahwa segala hal memiliki kebalikan, ada senang dan sedih, ada hidup dan mati. Bunga kehidupan itu memberikan keindahan bagi jiwa-jiwa pengelana. Jiwa-jiwa yang terus mencari makna kehidupan yang sesungguhnya. Padahal makna kehidupan itu tidaklah jauh, ia ada di dalam jiwa. Galilah jiwa, di situlah akan ditemukan apa yang dimaksud dengan hidup.

Bunga sakura dianggap membawa keberuntungan serta rezeki. Bunga kehidupan ini melambangkan sebuah kehidupan baru yang penuh harapan dan masa depan cerah. Itulah keistimewaan bunga sakura yang menjadikannya bunga kehidupan dengan keindahan tiada tara.

Sumber: Anneahira

sakura hayuno

Hayuno Sakura Present

Iklan

Tentang Dia, Tentang Cinta Pertamaku

AnimeGuyBlueEYes

Karena cinta bagiku adalah kesetiaan, setia menunggunya kembali, setia menantinya dalam waktu yang tidak dapat ditentukan, dan setia pada keyakinan yang aku miliki bahwa dia juga merasakan apa yang aku rasakan…

Hanya untuknya, hanya untukmu Albert si mata biru. Masih ingatkah Albert pada Yoru? Teman masa kecilnya yang selalu terpesona saat menatap kedua bola mata itu, yang selalu tersipu malu ketika pemilik kedua bola mata itu tersenyum padanya. atau yang selalu cemburu ketika teman perempuan lain mencuri perhatian pada Albert. Masih ingatkah Albert padaku? Entahlah. Karena akupun disini telah mengalami banyak hal, telah bermetamorfosis dari seorang gadis kecil yang lugu menjadi seorang gadis remaja yang sedikit memahami rumitnya kehidupan. Aku telah banyak berubah, aku rasa Albertpun di sana demikian. Bersama jarum jamyang selalu berputar kita telah melewati kehidupan masing-masing yang berbeda. Namun, setiap saat aku menatap jarum jam yang terus berputar itu, aku yakin dapat bertemu Albert lagi suatu hari nanti. Jika jarum jam bergerak mulai pukul 00:01, maka setelah mencapai puncaknya dia akan kembali pada ukul 00:01. Entah hukum apa yang mendasari teoriku itu, tapi ketika aku berpikir seperti itu, aku rasa cinta memang sinonim dari kata gila.

large

Mungkin teoriku tak berdasar, tapi ketahuilah teman bahwa setiap peristiwa yang terjadi di dunia ini sebagian besar tercipta dari apa yang kita pikirkan, dari apa yang hati paling dalam kita inginkan. Tepatnya akhir Desember, pukul tujuh malam, aku mendapat pesan singkat dari nomor tak dikenal.

“Yoru, apa kabar?”

Aku masih tak membalasnya, meskipun nomor itu mengirim pesan yang sama beberapa kali. Rasanya aku masih trauma dengan kehidupanku yang menyedihkan di lembaran diary-ku yang hilang itu. Beberapa kali nomor itu mengirim pesan yang sama, namun saat aku mebaca pesan yang berbeda dari nomor itu, aku benar-benar terkejut,

“Yoru, kamu nggak suka kejutan ya? Ini aku Albert, Yoru apa kabar?”

Mataku terbelalak, rasanya seperti mimpi karena tiba-tiba seseorang dari masa lalu yang sangat aku rindukan itu menghubungiku, setelah lebih dari delapan tahun berpisah dan tidak ada kabar sama sekali. Namun, delapan tahun lamanya itu akhirnya terbayar lunas hanya dari satu pesan singkat itu. Aku belum memahami benar cinta itu apa, dan yang aku rasakan hanyalah aku selalu bahagia ketika mengingatnya. Bahkan diantara aku dan Albert sejak dulu hanyalah teman masa kecil. Akan tetapi, apa yang aku rasakan selama ini adalah aku sangat merindukannya, aku sangat ingin bertemu dengannya. Apa itu cinta? Sampai saat itu aku masih belum mengerti.

“Ya, kabarku baik. Bagaimana denganmu?”

Aku membalas pesannya, saling membalas sampai pada balasan terakhir yaitu kami sepakat untuk bertemu. Aku tak sabar menunggu besok pagi sampai-sampai Dina, salah satu teman kos-ku bilang, aku tersenyum memeluk bantal guling selama tidur.

“Hehe, masa sih”  aku tersipu malu.

img-img

Warna kesukaannya biru laut, warna kesukaanku merah. Dia suka bermain piano, aku suka menggambar. Dia sangat keren, aku tidak. Hehe, wah senangnya aku akan bertemu Albert lagi. Saat tiba di tempat yang telah kemi sepakati, ternyata dia telah menungguku lebih dulu. Pipiku memerah, tapi aku buru-buru menangani perasaanku, aku harus bersikap sewajarnya. Aku melambaikan tangan padanya dan tersenyum manis.

“Hey, cucu Raffles!” Teriakku

Albert membalas senyumku, senyumnya sangat manis, dan matanya masih berwarna biru. Indah sekali sosok di depanku itu. Setelah delapan tahun, apakah ini mimpi? Albert yang dulu masih berwajah anak-anak, sekarang telah menjelma menjadi sosok laki-laki yang tampan.

HARI INI

hjkk

Hari Ini

Mengapung aku di atas bayangan kosong

menunggumu disini
menantimu menggenggamku dan membawaku lari
masih terus seperti itu…
masih tetap begitu,

tapi hingga kemarin
hingga tengah malam kemarin,
karena ternyata kamu tak kunjung membawaku pergi
kamu meninggalkanku disini, sendiri…

Maka hari ini bukanlah kemarin

aku yang berdiri hari ini bukanlah aku yang kemarin,
malaikat telah mennghianatiku
dia tak datang menjemputku,
membiarkanku sekarat dan tak kunjung mencabut nyawaku…

Maka hari ini bukanlah kemarin,

karena mataku yang tak sempurna
melihat mata yang bersinar itu hanya milikmu
wajah yang penuh senyuman itu memang tercipta untukku
dan sayap-sayap yang menggantung dipunggungmu itu hanya untuk memelukku

Aku telah keliru
Aku benar-benar keliru

Dan hari ini, bukanlah kemarin.

Aku telah lama berbalik arah,
jika kamu tak selalu membuatku ragu-ragu…
Maka hariku kini, bukanlah kemarin

 

Hayuno Sakura Present

MOTIVASIKU HARI INI

248507_151686151569564_141896662548513_336958_1376604_n

Motivasi Hari Ini

 

“You do not live at once. You only die once and live every day.”

Anda tidak hidup sekali. Anda hanya mati sekali dan hidup setiap hari.

“We will never know the real answer, before you try.”

Kita tidak akan pernah mengetahui jawaban yang sebenarnya, sebelum kita mencoba.

“Nothing is impossible. Anything can happen as long as we believe.”

Tidak ada yang mustahil. Semua bisa terjadi asalkan kita percaya.

“Be a strong wall in the hard times and be a smiling sun in the good times.”

Jadilah dinding yang kuat ketika masa-masa sulit. Jadilah matahari yang tersenyum, ketika masa-masa indah.

“Honesty is the currency of wherever you are.”

Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimanapun anda berada.

“Do not blame your past, because the past will never change.”

Jangan menyalahkan masa lalu anda, karena masa lalu tidak akan pernah berubah.

“Be the good, because God loves the goodness.”

Jadilah orang baik, karena tuhan menyukai kebaikan.

“Every successful person must have a failure. Do not be afraid to fail because failure is a part of success.”

Setiap orang sukses pasti mempunyai kegagalan. Jangan takut gagal karena kegagalan adalah bagian dari kesuksesan.

“When someone left you, do not cry because that is the message that you’re going to get a better one.”

ketika seseorang meninggalkanmu, maka jangan menangis. Itu adalah pesan bahwa kau akan mendapatkan seseorang yang lebih baik.

“Trouble is your best friend. It makes you stronger and more understanding about life.”

Masalah adalah sahabat terbaikmu. Dia menjadikanmu lebih kuat dan lebih mengerti tentang kehidupan.

“Never give up, fix mistakes, and keep stepping.”

Jangan pernah menyerah, perbaiki kesalahan, dan teruslah melangkah.

“The happiness will come when you are able to make other people happy.”

Kebahagiaan akan datang ketika anda mampu membuat orang lain bahagia.

“Our life is very difficult, but there are millions of people with a more difficult life out there.”

Hidup kita sangat sulit, namun ada jutaan kehidupan yang lebih sulit diluar sana.

“Be yourself because pretending is so painful.”

Jadilah dirimu sendiri karena berpura-pura itu menyakitkan.

“Complaining will never solve the problem. Stop complaining and take action!”

Mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Berhenti mengeluh dan segera bertindak!

“A fear will only make you weak and lose confidence. Ignore the fear and proceed your step!”

Rasa takut hanya akan membuatmu lemah dan kehilangan kepercayaan. Abaikan ketakutanmu dan lanjutkan langkahmu!

“There is a moment to talk and there is a moment to be silent.”

Ada saatnya kita bicara dan ada saatnya kita diam.

“If you do not know a fact, silence will be the best way.”

Jika kamu tidak mengetahui sebuah fakta, maka diam adalah jalan yang terbaik.

“God’s plan is always more beautiful than our desire.”

Rencana Tuhan selalu lebih indah dari keinginan kita.

“No one can change the past, but everyone has a power to change the future.”

Tidak ada orang yang bisa mengubah masa lalu, namun semua orang bisa mengubah masa depan.

“Cowards always avoid the difficulty while brave are always looking for an opportunity in a difficult situation.”

Pengecut selalu menghindari kesulitan sementara pemberani selalu mencari peluang dalam sebuah kesulitan.

“You will get a true friend when you are at the very bottom of wheel.”

Anda akan mendapatkan teman sejati ketika anda berada di bagian roda yang paling bawah.

“Wipe your tears and tell yourself that life must go on.”

Usap air mata anda dan katakan kepada diri anda sendiri bahwa hidup harus tetap berjalan.

“There is no success without a sacrifice and there is no success without hardness.”

Tidak ada sebuah kesuksesan tanpa pengorbanan dan tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan.

“Keep smiling when getting into trouble is a sign that we are strong.”

Tersenyum ketika mendapatkan masalah adalah tanda bahwa kita kuat.

“Smile is a simple way of enjoying life.”

Senyum adalah cara sederhana dalam menikmati hidup.

“Reality is not always in line with expectations. So, prepare yourself to face the poor reality.”

Kenyataan tidak selalu sesuai dengan harapan. Jadi, persiapkan diri anda untuk menghadapi kenyataan pahit.

“If you love someone, do not make her cry even though only a few minutes.”

Jika anda mencintai seseorang, jangan pernah membuat hatinya menangis meskipun hanya beberapa menit.

“Your eyes can see the things clearly. But with your heart, you can see the truth even without eyes.”

Mata anda bisa melihat sesuatu dengan jelas. Namun dengan hati, anda bisa melihat kenyataan meskipun tanpa menggunakan mata.

“Practice makes right, repetitions make perfect.”
Praktik membuat kita benar, pengulangan membuat kita sempurna.
“Sadness in your heart is an inhibitor of success. Avoid the prolonged grief, take heart, and take your chance as soon as possible.”
Kesedihan yang ada di dalam diri anda merupakan penghambat kesuksesan. Hinari kesedihan yang berlarut-larut, bersemangatlah, dan bertindak sesegera mungkin.
“The key for a happiness is when you thankful for the grace that God has given.”
Kunci dari sebuah kebahagiaan adalah ketika anda bersyukur terhadap anugerah yang tuhan berikan.
“Struggle that you do today is the single way to build a better future.”
Perjuangan yang kamu lakukan hari ini merupakan cara untuk membangun kualitas yang lebih baik di hari esok.
“Your greatest strength is the courage to try and also the courage to fail.”
Kekuatan terbesarmu adalah keberanian untuk mencoba dan keberanian untuk gagal.
“If opportunity does not come to you, then create it.”
Jika kesempatan tidak menghampiri Anda, maka ciptakanlah.
“You do not need to give up this time, because you may just need to try one more time to be successfull.”
Anda tidak perlu menyerah saat ini, karena mungkin anda hanya perlu mencoba satu kali lagi untuk berhasil.
“When you want to give up, look at back and then see how far you have climbed to reach your goals.”
Ketika anda ingin menyerah, lihat kebelakang dan kemudian ketahui seberapa jauh anda telah mendaki untuk meraih tujuan anda.
“The champions are those who still believe in the dream even if others do not believe it.”
Seorang juara adalah mereka yang tetap percaya terhadap cita-cita meskipun orang lain tidak mempercayainya.
Kata-kata indah ini saya copy dari: Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
kata-motivasi-4
Motivasiadalah bagian penting dari keberhasilan kita, maka tanamkan dalam diri, resapi dan lakukan!!!!  SEMANGAT 😀

PUISI

 puisi-cinta

Puisi

(Original created by Chayyu Latifah)

Aku tercipta dari tinta-tinta hitam
Jantung kataku seringkali tertusuk duri-duri tajam
malam kelam tenggelam
begitulah penciptaku saat muram

Aku tercipta dari tinta-tinta surga
Baitku merah merona
Tiap kataku bercahaya
begitulah penciptaku ketika mereka bahagia

Puisi,
Akulah puisi
Sebuah kata tak bernyawa
Sebaris kata yang tak berjiwa
Namun aku selalu hidup bersama alam semesta

HAYUNO SAKURA PRESENT

Booklet_Inovasi__Puisi_by_Mumollo

HUJAN BULAN JUNI

hujan1

HUJAN BULAN JUNI

(Karya: Sapardi Djoko Damono)

tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya

yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan juni
dibiarkannya yang tak terucapkan

diserap akar pohon bunga itu

1989

(Hujan Bulan Juni  – hal. 90)

FREE DOWNLOAD HUJAN BULAN JUNI PDF

sapadi

silakan download di sini=> HUJAN BULAN JUNI

“aku ingin mencintaimu dengan sederhana;
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu

aku ingin mencintaimu dengan sederhana;
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”
― Sapardi Djoko Damono

Aku mencintaimu saat melihatmu tersenyum, mencintaimu meskipun kamu sedang bersedih, mencintaimu bersama tawa maupun luka. Setengah isi, setengah kosong. Disini hanya separuh yang tersisa, karena kamu membawa sepotong hatiku. Aku diam dan aku merindukanmu, sangat merindukanmu…

SAYONARA 2013

happy-new-year-2014-wallpaper-06

Hello dear, apa nih rencana kamu menyambut tahun baru 2014? Tentunya siapkan mimpi dan harapan-harapan baru yaa… supaya hidup kita selalu bermakna setiap harinya. Tau ga sih? Mimpi dan harapan itu dapat membangun sikap dan karakter kita, beberapa hari lalu penulis kehilangan semangat dan motivasi. Kebingungan dengan apa yang sebenarnya kita inginkan itu seperti anak ayam kehilangan induknya. Penulis hanya menjalani hidup dengan apa adanya, itu membosankan sekali loh, dear. Hmm, makanya hari ini penulis pengen ngajak temen-temen buat merancang kembali mimpi-mimpi yang hilang itu, untuk kembali dirajut tahun depan. Jangan pernah menyerah, yakin dan selalu percaya adalah kuncinya. Mungkin kalo temen-temen baca semua postingan penulis, sepertinya penulis selalu optimis dengan apa yang terjadi. Tapi sebenarnya, apa yang penulis sampaikan kepada  temen-temen  bukan hanya untuk memotivasi temen-temen doang lhoo… penulis juga seringkali merasa pesimis dan kelelahan dengan berbagai macam masalah kehidupan. Makanya semua tulisan motivasi dan semangat yang penulis posting di sini, juga untuk memotivasi penulis juga, hehe ^_^

Nah, Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah:

1639209361. Susun Strategi

Rencanakan semua yang ingin kamu lakukan, jangan pedulikan nantinya terwujud atau tidak. Pedulikan bagaimana caranya mewujudkan apa yang sangat kamu inginkan itu, karena hidup ini cuma sekali, jangan sampai kita menyesal ya, dear.

22. Buku Catatan Harian

Buat temen-temen cewe mungkin udah biasa punya diary, tapi ga ada salahnya lho kalo cowo juga punya. Ga harus warnanya pink atau unyu-unyu gitu kok, dear. Yang penting bisa mengisi apa aja yang udah kita lakukan setiap hari dan rencana apa yang telah sukses kita lakukan. Semua hal bisa kita tulis tanpa malu-malu. Kalau kita cerita ke orang lain, mungkin masih ada yang kita sembunyikan. Tapi kalau kita menulis di buku harian kita, kita bisa mengungkapkan semua isi hati kita dengan jujur. Tulislah, karena dengan menulis kamu dapat mengingatnya jika kamu lupa. Begitulah yang selalu penulis lakukan, karena kapasitas otak manusia itu terbatas.

871519-bigthumbnail3. Lakukan Hal Baru 

Apa sih yang biasa kita lakukan selama setahun ini? Bermanfaat ga sih buat diri kita dan orang lain? Nah, kalo udah nemu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, maka mulailah melakukan inovasi terhadap apa yang selama ini kita lakukan. Mencegah kita merasa bosan, itu intinya. Contohnya, menambah relasi. Karena teman baru dapat menambah pengalaman dan wawasan kita. Ehm, tetep ya dear… pilih teman yang dapat membawamu ke arah yang positif. Selain itu, mencoba untuk mengeksplorasi kemampuan kita juga bisa dikatakan melakukan hal baru, karena siapa tau kita punya bakat yang terpendam yang belum kita sadari.. ^_^

Nah, mungkin cukup segitu dulu… soalnya terlalu banyak tulisan juga pastinya bikin temen-temen males bacanya. Iya nggak? hehe… Yang penting enjoy ya, dear. Tahun depan adalah kesempatan yang diberikan Tuhan untuk kita memperbaiki kualitas hidup kita. Jadi, selagi ada kesempatan kenapa ngaak?? Keep Spirit!!! Sayonara 2013…. Semoga 2014 kita lebih baik lagi dari tahun ini. Amiin…

SEMOGA BERMANFAAT, ya dear…

Salam sayang from me, Hayuno Sakura 🙂

555300_608195272544441_1928000079_n

HAYUNO SAKURA PRESENT