CATATAN AKHIR KULIAH 2

cover cak 2.0

Penerbit : BENTANG PUSTAKA
Kategori : NOVEL REMAJA
No. ISBN : 978-602-1383-45-2
Kertas / Halaman : SoftCover / 212 halaman
Berat : 190 gram

SINOPSIS

Waktu gue belum lulus, orang-orang bertanya kapan gue wisuda. Setelah gue lulus, mereka kembali bertanya kapan gue kerja. Terkadang, gue kehabisan akal untuk menjawabnya. Gue jadi selalu menyiapkan beberapa helai rumput di kantong kemeja, supaya gue bisa jawab, “Coba kita tanya pada rumput yang bergoyang,” sambil ngejejelin rumput ke mulut mereka.

Seperti yang kalian tahu ketika membaca Catatan Akhir Kuliah sebelumnya, (Apa?! lo belum baca? Filmnya aja udah dirilis, tuh!) gue seorang mahasiswa kere, dengan orangtua kere, dan nilai jeblok. Gue jomblo dari orok, ditolak cewek mulu. TAPI GUE TETEP GANTENG, dan gue mencoba menjalani sisa hidup lewat pembuktian hipotesis-hipotesis umum, seperti, “nilai bagus tidak menjamin kesuksesan”.

Di buku ini ada setumpuk pengalaman yang mau gue bagi, biar sebelum lulus, kamu sudah memiliki perencanaan yang matang seperti program KB, Kuliah Berencana, IPK 2 Lebih Baik. Karena hidup nggak akan selalu mulus seperti paha tanpa bulu kaki. Silakan tertawai, dan mungkin tanpa sadar, lo akan tahu bahwa lo sedang menertawai diri sendiri.

“Pengalaman berupa kegagalan ditolak berkali-kali yang bisa saja dialami oleh semua orang. Menyakitkan, tapi bisa melecut. Buku ini membuat saya tertawa dan sekaligus … di situ saya kadang merasa sedih.”

—Johansyah Jumberan, @joejuhdy, produser film Catatan Akhir Kuliah

“Gue terpikat pada kejenakaan ketika Sam berjuang melepas diri dari statusnya sebagai tuna-salary dengan caranya sendiri. Frankly and tasty!

—Rons Imawan, @wowkonyol, penulis

“Sam mampu membawa saya ikut merasakan dunianya, yang realistis tapi dramatis, disampaikan dengan humor cerdas menghibur.”

—Jay Sukmo, @jaysukmo, sutradara film Catatan Akhir Kuliah

Karena SKRIPSI hanya dapat dilalui dengan ketulusan. Ketulusan berarti Ikhlas, Rela berkorban, Pantang menyerah dan Semangat yang tak pernah padam _Hayuno Sakura 2015.

skripsi2-copy

Hayuno Sakura Present

Iklan

CATATAN AKHIR KULIAH (SAM @Skripsit)

20722061

Publisher Transworld

Publication date 28th August 2014

ISBN NA

Length 238 pages

Categories Thrillers

SINOPSIS

Skripsi dan Sam adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Benci tapi butuh. Benci tapi harus diselesaikan biar Mama nggak makin galau. Yep, skripsi itu kayak main game, ada tahap-tahapnya, ada rintangan yang harus ditaklukkan.

Stage 1:

Senang deh bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang beken itu.

Stage 2:

Sam sadar kalau dia terjebak di jurusan yang salah. Dia mulai malas kuliah dan coba-coba mencari ilmu di luar perkuliahan dengan aktif berorganisasi.

Stage 3:

Sam dekat banget sama kedua sahabatnya di kampus, Sobari dan Ajeb. Suatu malam, saat Sam lagi fotocopy bahan UTS bareng Sobari, dia ketemu cewek bernama Kodok. Sam langsung suka!

Stage 4:

Perjuangan Sam terbagi antara merebut hati Kodok, dan satu arena terakhir yang paling menakutkan…

Final Stage:

SKRIPSI

“Skripsi memang susah, tapi tanpa hal susah, kita nggak akan banyak berubah.”

Asli, Gue ngerasain sendiri! Beli bukunya, rasakan sensasinya… Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Lo semua harus baca! Haha… kocak

Movienya juga ada nih:

B-GLUKAN SEBAGAI ANTIKANKER

vanessa-scientist

β-GLUKAN merupakan salah satu komponen terbesar dari dnding sel jamur. Senyawa ini telah terbukti dapat membantu sistem imun dalam tubuh dari serangan penyakit, menurunkan kadar kolesterol darah, dan membantu dalam penyembuhan luka. Keuntungan dari peran β-glukan yang bermanfaat dalam penyembuhan kanker telah dijelaskan oleh Peter W. Mansell, M. D. pada tahun 1985 dalam Journal of the National Cancer Institute. Sembilan pasien dengan kanker kulit β-D-glukan (1,3) selama terapi memperlihatkan bahwa ukuran lesi kanker dapat mengecil dalam waktu 5 hari. Produsen β-glukan merekomendasikan bahwa dosis pemakaian berkisar antara 30-500 mg/hari atau dua kali lipat bila untuk penyembuhan. β-glukan dapat tersedia dalam bentuk kapsul, cair, atau tablet.

Sampai saat ini, masih belum banyak data yang mengungkapkan masalah epidemiologi. Satu-satunya epidemiologi yang pernah dilakukan di negara Korea mempunyai prevalensi tinggi kanker gastrik pada tahun 2004. Dilaporkan bahwa terdapat hubungan timbal balik antara asupan jamur dan risiko kanker gastrik. Dijelaskan lebih lanjut bahwa pada kelompok yang menerima asupan jamur medium mempunyai risiko kanker gastrik 0,38. Kelompok yan g menerima asupan jamur tinggi, risiko kanker gastriknya 0,30 untuk seluruh parameter jenis kelamin, umur, status sosial-ekonomi, atau riwayat kanker (Borchers, 2004).

Tingkat aktivitas antikanker oleh β-glukan ada hubungannya dengan berat molekul, jumlah cabang, dan kelarutan dalam air. Dari analisis dengan menggunakan NMR dan difraksi sinar-X, menunjukkan bahwa β-D-glukan aktif menunjukkan struktur heliks stereo “triple-stranded right-winding” (Bluhm and Sarco, 1977).

Medicinal-Mushroom-Beta-Glucan

See at more: Buku Jamur Konsumsi Berkhasiat Obat

TIPS CERDAS MEMENANGI BEASISWA

Find_Scholarship_Money

Maju untuk menang atau tidak sama sekali. Ungkapan ini berlaku bila Anda benar-benar ingin menjadi pemburu beasiswa sejati. Bukan coba-coba, ikut-ikutan, apalagi sekedar mengadu keberuntungan. Memburu beasiswa adalah keputusan serius dan harus diupayakan dengan sungguh-sungguh. Perkara kebetulan hampir dipastikan tidak berlaku. Mereka yang terbaiklah yang akan diambil. Jika ternyata Anda pemenangnya, itu karena panitia seleksi menilai Anda memang layak.
Memburu beasiswa bisa diibaratkan dengan memancing ikan di kolam yang luas. Pemancingnya banyak, tapi kita tidak tahu kail siapa yang akan mendapatkan ikan. Jika umpannya bagus, tekniknya bagus, pantang menyerah, rasanya ikan itu akan datang menghampiri. Hal serupa berlaku saat mendaftar beasiswa. Kriteria terpenuhi, persyaratan memadai, aplikasinya lengkap, mengikuti ketentuan, peluang untuk menang beasiswa juga jadi lebih terbuka.
Keputusan memenangi beasiswa atau tidak sebetulnya Anda sendiri yang menentukan. Panelis hanya memilih yang terbaik saja. Misalkan kouta beasiswa ada 10, pelamarnya 100, tinggal Anda meyakinkan diri bahwa salah seorang dari 10 terbaik adalah Anda. Tentu bukan sekedar yakin begitu saja, tapi karena memang Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.
Lalu bagaimana mempersiapkan diri sehingga bisa memenangi beasiswa. Apa tipsnya? Ulasan ini bukan maksud menggurui, tapi mudah-mudahan bermanfaat. Ada beberapa tips memenangi beasiswa, termasuk pada persaingan ketat sekalipun.
scholarship_tips_image3
Persiapan Dini
Jika memposisikan diri sebagai pemburu beasiswa, Anda tidak mungkin maju ke medan persaingan tanpa amunisi. Ketika para pencari beasiswa baru sekedar tahu ada informasi beasiswa, Anda justru sudah siap mengajukan aplikasi. Anda sudah menang selangkah. Waktu yang tersisa pun dapat dimanfaatkan untuk mematangkan aplikasi sebelum memutuskan mendaftar.
Itu terjadi karena persiapan sudah dilakukan sebelum beasiswa itu diumumkan. Bahkan, jauh sebelumnya. Lalu apa yang perlu disiapkan sejak dini. Di sinilah perlu sedikit kecerdikan. Misalnya, tahun ini Anda memutuskan untuk melanjutkan studi ke Jepang. Lalu Anda berencana untuk mengikuti salah satu penawaran beasiswa, sebut saja beasiswa Monbukagakusho atau beasiswa Pemerintah Jepang. Tapi, kan belum ada pengumumannya? Ketika yang lain masih menunggu. Justru kesempatan Anda menyiapkan aplikasi yang diperlukan. Kecenderungan beasiswa selalu sama dengan tahun sebelumnya,  atau periode yang terdekat. Kalaupun ada perubahan, biasanya tidak banyak.
Bukalah pengumuman sebelumnya tersebut. Lihat kriteria, persyaratan, atau dokumen aplikasi yang dibutuhkan. Pelajari juga bagaimana mendaftarnya. Pastikan Anda bisa memenuhi apa yang mereka minta. Ketika semuanya sudah bisa dipahami, mulailah untuk melengkapi. Tapi, perlu diingat penuhi persyaratan umum terlebih dahulu. Misalnya, salinan ijazah dan nilai, skor tes TOEFL/IELTS, KTP/paspor, akte kelahiran, CV, terjemahan dokumen, dll. Baca: Dokumen Aplikasi Beasiswa yang Perlu Anda Tahu.
Dokumen lain yang diperlukan juga bisa dilengkapi bila memang itu harus dibuat sendiri (tidak menggunakan formulir penyelenggara). Lihat juga apakah ada dokumen yang baru bisa dilengkapi setelah pengumuman keluar, misalnya formulir aplikasi, kalau ada bisa ditinggalkan dulu sembari menunggu pengumuman. Jika tahap ini sudah dilalui, dapat dibayangkan beban yang bisa dikurangi saat mengajukan aplikasi. Tahu sendiri kan ada beasiswa yang diumumkan cuma beberapa hari. Sakitnya tuh di situ.
Ketahui Rahasianya
Ketika membaca informasi beasiswa secara utuh, seringkali kita menemukan ada penekanan calon atau biasa disebut preferensi. Penekanan tersebut sengaja dibuat oleh sponsor atau penyelenggara beasiswa untuk memberitahukan bahwa mereka menghendaki kandidat penerima beasiswa yang demikian. Ketika Anda memahami di mana penekanan tersebut diberikan, maka di situlah sebenarnya rahasia beasiswa tersebut terungkap. Saat Anda mampu memenuhinya, peluang meraih beasiswa akan semakin terbuka lebar.
Penekanan yang diberikan ini beragam bentuk. Tergantung jenis beasiswa. Misalkan beasiswa prestasi, penyelenggara akan menyebut bahwa kandidat yang mereka cari adalah yang memiliki prestasi akademik. Namun, ketika ada beasiswa riset, penekanan justru mungkin dari  hasil penelitian atau karya ilmiah yang sudah dihasilkan.
Ada pula preferensi berdasarkan pertimbangan asal geografis. Misalnya, kandidat diprioritaskan bila berasal dari daerah A, B, atau C. Semua itu tergantung kemauannya penyelenggara. Jadi, ketika sebuah apikasi diajukan ada bobot yang diberikan dari tiap itemnya. Coba lihat beasiswa yang dimuat di beasiswapascasarjana.com, Anda akan menemukannya.
Belajar dari Alumni
Tips memenangi beasiswa satu ini terbilang jarang dibahas. Belajar dari alumni. Bagaimanapun dia lebih berpengalaman. Terbukti alumni tersebut sudah lebih dulu memperoleh beasiswa. Alumni bukan saja daftar nama yang berhasil meraih beasiswa. Tapi guru yang sangat baik untuk mengungkap cerita di balik kesuksesan mereka memperoleh beasiswa.
Apalagi, ada beberapa beasiswa yang pesertanya harus tes tulis, wawancara, hingga pembekalan. Pengalaman itu tentu hanya bisa didapatkan dari para alumni yang berhasil. Cobalah untuk menghubungi mereka.
Sejumlah beasiswa yang pendaftarannya online, biasanya sering menyediakan kolom alumni. Bisa dilihat siapa saja mereka. Jika ada nomor telepon, email, atau alamat mungkin bisa dihubungi. Siapa tahu mereka dengan senang hati akan membantu.
Biasanya para alumni ini juga kerap mengungkapkan pengalamannya melalui tulisan yang bisa ditemukan dengan mudah saat berselanjar di mesin pencari.
Yang jelas belajar dari alumni akan sangat bermanfaat terutama dalam memahami karakter serta persaingan beasiswa yang dihadapi.
Scholarship

– See more at: BEASISWA PASCASARJANA

Mengangkat Potensi Jamur Shiitake Sebagai Anti Kanker Mengantarkan Bu Ninuk Meraih Gelar Doktor

nuraeni ekowati 2

Satu diantara tiga doktor baru yang baru yang dimikili Fakultas Biologi adalah Dr. Nuraeni Ekowati, MS.  Doktor bidang Mikologi ini berhasil meraih gelar doktor setelah menyelesaikan disertasi dengan judul Karakter Morfologi dan Molekular Serta Daya Antimikroba dan Antikanker Lentinula edodes (berk.)  pegler.  Melalui disertasinya doktor jebolan UGM ini berhasil mengungkap potensi metabolit bioaktif L. edodes untuk menghambat mikroba patogen S. aureus, E. coli, dan C. albicans, dan potensinya sebagai antikanker.

Untuk mengungkap potensi L. edodes atau lebih dikenal dengan shiitake doktor mikologi ini melakukan kajian tentang  tujuan aspek penting dalam jamur tersebut. Kajian pertama adalah karakter morfologi L. edodes isolat  Malang (LeM), Cianjur (LeC), Lembang (LeL), dan Yogyakarta (LeY), lalu dilanjutkan dengan kajian karakter molekular L. edodes isolat LeM, LeC, LeL, dan LeY,  jenis medium budidaya padat  yang  dapat mendukung produksi tubuh buah L. edodes, golongan metabolit bioaktif yang dihasilkan L. edodes,jenis medium yang dapat mendukung sintesis metabolit bioaktif dan isolat L. edodes yang berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif(Staphylococcus aureus), bakteri Gram negatif (Escherichia coli),khamir(Candida albicans), dan jamur patogen (Trichophyton mentagrophytes). Sedangkan dua kajian terakhir adalah menggali potensi metabolit bioaktifL. edodes  sebagai antikanker pada sel HeLa, dan  aktivitas fagositosis makrofag yang diinduksi dengan β-glukan/lentinan L. edodes.

Dr. Nuraeni Ekowati, MS biasa dipanggil bu Ninuk menjelaskan bahwa Lentinula edodes  (Berk.)  Pegler  dikenal dengan nama shiitake, merupakan salah satu jamur yang berpotensi sebagai jamur pangan dan bahan obat.   Keragaman intraspesies L. edodes  yang telah dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia belum diketahui. ”Berbagai isolat yang berasal dari beberapa daerah sentra budidaya L. edodes,diduga memiliki keragaman karakter morfologi dan genetik, sehingga potensi metabolit bioaktifnya sebagai antimikroba dan antikanker perlu dikaji.” Jelas beliau.

Setelah melalui penelitian yang panjang akhirnya bu Ninuk berhasil membuktikan bahwa keragaman morfologi dan genetik empat isolat shiitake, dengan indeks  kesamaan morfologi 0,83-0,95 dan genetik 0,78-0,86. Jamur ini dapat menghasilkan metabolit bioaktif golongan terpenoid, steroid, flavonoid, dan alkaloid. Yang lebih penting dari penelitian ini adalah pembuktian bahwa metabolit bioaktif shiitake berpotensi menghambat mikroba patogen S. aureus, E. coli, dan C. albicans, tetapi tidak dapat menghambat T. mentagrophytes.  “Point penting yang dapat dikembangkan lebih lanjut adalah metabolit bioaktif shiitake juga berpotensi sebagai antikanker” Ungkap beliau.

Disertasi Bu Ninuk ini adalah awal untuk pengembangan bahan anti kanker. Diperlukan penelitian yang lebih dalam dan komprehensif sehingga dihasilkan produk yang ditunggu oleh jutaan penderita kanker di dunia. Semoga karya salah satu doktor baru Fakultas Biologi ini dapat menjadi referensi dan motivasi untuk peneliti-peneliti lain agar terus berkarya memajukan dunia perjamuran Indonesia. Maju Terus Pantang Menyerah ! (ES)

Copyright: bio.unsoed.ac.id (Oleh Eko Sumanto, 20 November 2012 – 8:27am)

Semoga Pleurotus sajor-caju, Pleurotus cystidiosus, dan Lentinula edodes dari Bu Ninuk, mengantarkanku meraih gelar sarjana sains. Amiin 🙂

Cherry Blossom (Sakura)

sakura Januari

Haru No Sakura

Ketika bulan Maret akan berakhir, masyarakat Jepang menyambut April dengan penuh sukacita.Akhir Maret melambangkan berakhirnya musim salju berganti musim semi, musim ketika bunga sakura, bunga kehidupan itu bermekaran. Kebun dan taman yang sebelumnya putih tertutup salju berganti pink dan putih serta menghangat seiring datangnya musim semi. Keindahan yang membuat hati bergetar, yang menyatukan banyak sahabat dan kerabat.

Musim semi merupakan musim yang menjadi simbol datangnya masa depan cerah dan penuh harapan. Oleh sebab itu, masyarakat Jepang menyambut musim semi dengan gembira. Setiap bunga kehidupan ini mekar, masyarakat Jepang selalu merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Mereka makan bersama, bermain, bersenda gurau sambil membentangkan tikar di bawah pohon dengan bunga-bunga nan indah itu.

Perayaan itu dilakukan dengan menyusuri taman sambil melakukan renungan serta menikmati berbagai hidangan di bawah bunga-bunga sakura yang cantik itu. Perayaan ini dikenal dengan istilah hanami. 

Arti Bunga Sakura

Sebagai bunga yang memiliki masa mekar sangat singkat, yaitu sekitar setengah bulan sejak bunga mulai mekar hingga layu, sakura memiliki beberapa makna khusus dan filosofi mendalam bagi masyarakat Jepang. Pertama, bunga kehidupan ini berarti kesejukan, kebahagiaan, keheningan, dan ketenangan. Kesejukan karena rimbunnya kumpulan bunga mampu memberikan kelembutan angin yang berhembus. Kebahagiaan dan keheningan karena bunga sakura seolah datang membawa sekeranjang kebahagiaan yang tak akan bisa diberikan oleh bunga lain yang berasal dari manapun.

Kedua, bunga kehidupan ini bermakna perpisahan ketika mulai berguguran diterpa angin. Tiada yang abadi. Saat ada pertemuan pasti ada perpisahan. Pertemuan yang membawa kebahagiaan dan perpisahan yang akan membawa kesedihan. Tetapi perpisahan itu hanya sementara, ketika musim berganti, pertemuan akan kembali terjadi. Pada saat itu, ada waktu singkat memadu kasih dan menikmati dunia bersama.

Ketiga, kecantikan bunga sakura melambangkan kegembiraan dan kesedihan. Kegembiraan karena kecantikannya membuat hati senang. Tidak ada orang yang tidak senang melihat hamparan keindahan yang tersuguh dengan luasnya. Senyum akan mengembang dan virus gembira menyebar dengan cepat. Tapi keindahan itu memang ada tenggat waktunya. Seperti juga keindahan fisik manusia, pada suatu hari keindahan fisik itu akan sirna. Hanya keindahan jiwalah yang akan menghadirkan keindahan sesungguhnya.

Jadi, kesedihan itu tidak harus diratapi. Kesedihan itu adalah sebagian kecil dari seni menata hidup. Kesedihan akan menjadi tonggak kebahagiaan ketika dilihat dari betapa kesedihan sebagai ujian dan ujian pasti ada akhirnya. Bunga ini begitu tepat untuk melukiskan kebahagiaan dan kesedihan pada waktu yang sama karena memang begitulah hidup. Satu hari bahagia, satu hari bersedih, lalu berbahagia lagi, dan seterusnya.

Bunga sakura mengingatkan manusia agar selalu bersyukur sebagai penghargaan atas kehidupan dan kesedihan. Bunga kehidupan ini sebagai pengingat bahwa segala hal memiliki kebalikan, ada senang dan sedih, ada hidup dan mati. Bunga kehidupan itu memberikan keindahan bagi jiwa-jiwa pengelana. Jiwa-jiwa yang terus mencari makna kehidupan yang sesungguhnya. Padahal makna kehidupan itu tidaklah jauh, ia ada di dalam jiwa. Galilah jiwa, di situlah akan ditemukan apa yang dimaksud dengan hidup.

Bunga sakura dianggap membawa keberuntungan serta rezeki. Bunga kehidupan ini melambangkan sebuah kehidupan baru yang penuh harapan dan masa depan cerah. Itulah keistimewaan bunga sakura yang menjadikannya bunga kehidupan dengan keindahan tiada tara.

Sumber: Anneahira

sakura hayuno

Hayuno Sakura Present

SELALU SEHAT DENGAN SUPLEMEN MAKANAN YANG TEPAT

organic-food-supplements Dibandingkan asupan makanan, pengukuran manfaat pemakaian suplemen vitamin sampai saat ini tidak begitu besar. Di negara-negara tempat penggunaan suplemen banyak di temukan, pengkajian ini cukup penting karena pemakaian suplemen itu sendiri merupakan pajanan yang menjadi fokus bagi pengkajian beberapa penyakit kronis. Bagi banyak nutrien (misalnya vitamin E), takaran yang tersedia untuk suplemen tersebut jauh lebih tinggi (biasanya, dosis suplemen vitamin E berkisar dari 200-1000 mg) daripada takaran yang dapat diperoleh dari makanan (hanya sekitar 8-10 mg). Oleh karena itu, suplemen dapat memberikan kontribusi yang besar bagi asupan total mikronutrien (dari makanan plus suplemen) yang juga merupakan pajanan penting lainnya [1].

Sebelum mengonsumsi suplemen makanan, tentunya Anda harus yakin produk yang terbaik dan benar-benar Anda butuhkan. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana Anda memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan kondisi tubuh Anda dan cara mengonsumsi suplemen makanan yang tepat. Dewasa ini, berbagai makanan yang dijual telah diperkaya atau difortifikasi dengan berbagai macam suplemen. Bila Anda mengonsumsi produk-produk seperti itu, sebaiknya Anda memiliki gambaran berapa banyak kandungan suplemen yang telah Anda peroleh. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kelebihan perolehan suplemen makanan. Dari segi sumbernya Anda juga perlu mengetahui bahwa banyak dari suplemen tersebut adalah hasil sintesa kimia dari senyawa tunggal yang penyerapannya oleh tubuh kurang baik dibandingkan dari bahan alam yang berbentuk senyawa kompleks. Suplemen-suplemen yang tersedia dijual dalam bentuk serbuk, kapsul, cairan, tablet kablet, dan tablet effervescent (tablet larut air) [2]. minyak-ikan Bahan-bahan alami yang digunakan untuk pembuatan suplemen nutrisi contohnya adalah ikan. Ikan maupun suplemen minyak ikan mengandung EPA dan DHA yang secara klinis menguntungkan jantung dan sistem vaskular. Bahkan porsi kecil ikan, terutama ikan berlemak air dingin, seperti ikan salmon, sarden, dan mackerel, mampu memberikan manfaat tersebut. American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan dua kali seminggu. Tidak semua orang menyukai ikan. Bagi mereka, suplemen adalah pilihan yang tepat. Satu kapsul minyak ikan mengandung 3 gram omega-3 untuk sehari. Anda pun bisa memperoleh lemak omega-3 EPA dan DHA dalam bentuk konsentrat etil ester dengan dosis 1 gram per hari (sintesa kimia). Orang yang memilih suplemen omega-3 untuk menurunkan kadar trigliserida yang sangat tinggi membutuhkan 3,5 gram sehari. Dosis tersebut memberikan efek farmakologi, bekerja seperti obat, dan harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter [3].

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengonsumsi suplemen kesehatan diantaranya:

1. Perhatikan teks dalam kemasan

Pelajari suplemen yang Anda pilih dengan menimba pengetahuan sebanyak mungkin tentang suplemen tersebut dari teks atau tulisan pada kemasan atau label, diantaranya:

a. Klaim yang menunjukkan manfaat produk.

b. Komposisi kandungan bahan-bahan dari produk tersebut dilengkapi dengan jumlah kadarnya dalam satu takaran ( 1 tablet, 1 kaplet, 1 bungkus, 1 sendok, atau 1 takaran tertentu lainnya).

c. Dosis yang menunjukkan aturan pakai atau konsumsi yang benar dalam sehari.

d. Indikasi yang menunjukkan keuntungan mengonsumsi suplemen tersebut.

e. Petunjuk lainnya seperti tentang cara penyimpanan yang baik serta peringatan pemakaian jika produk tersebut berefek keras.

Produsen yang baik biasanya memberikan catatan tambahan, misalnya mengenai zat-zat tambahan, efek samping, cara pemakaian, dan cara penyimpanan. Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi mereka yang mengalami kecenderungan alergi. Telitilah apakah ada kandungan gula, gandum, susu, pewarna buatan, atau pengawet buatan. nutritional-supplements Bila seorang vegetarian harus menghindari kapsul yang terbuat dari gelatin (dari produk hewan), maka pilih merek yang menggunakan kapsul dari selulosa. Produk bahan alami pada umumnya mengandung bahan tambahan pembentuk tablet, misalnya selulosa dan magnesium stearat yang dianggap aman untuk dikonsumsi. Pada produk konvensional, perlu diketahui, bahwa bermacam pemanis, bahan kimia, dan pewarna yang ditambahkan kemungkinan bisa menyebabkan reaksi alergi. Zat aditif tersebut antara lain laktosa, pati makanan yang dimodifikasi, pati jagung, polisorbat 80, sukrosa, fruktosa, maltodekstrin, polietilenglikol, dan pewarna buatan.

2. Taati aturan pakainya

Sangat penting untuk mengonsumsi suplemen secara bijaksana. Sikap asal telan sembarangan akibat tidak ketahuan, ikut-ikutan tren, terperdaya iklan, atau membabi-buta lantaran ingin cepat sehat bisa membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu setelah memilih suplemen menurut kebutuhan, tanamkan komitmen pada diri sendiri untuk mengikuti aturan pakainya, misalkan sebutir per hari. Hal ini akan menghindarkan Anda dari sikap sembrono untuk melalaikan atau mengonsumsi dalam jumlah yang melebihi dosis. Setelah Anda mengonsumsi dalam waktu tertentu, misalkan satu bulan, Anda baru boleh menyimpulkan reaksinya. Kemudian, amati apakah dari reaksi tersebut tujuan Anda sudah tercapai atau belum. Contohnya, jika Anda mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya ingat, Anda harus dapat merasakan dan menentukan apakah suplemen tersebut efektif atau tidak setelah rentang dosis berakhir. Tentukan saja, jika Anda mengonsumsi suplemen untuk membantu melawan penyakit jantung dan kanker, diperlukan rentang waktu konsumsi yang lebih lama untuk membuktikan apakah suplemen tersebut bisa benar-benar membantu [2].

Contoh Cara Memilih suplemen Makanan yang Tepat:

1. Misalnya kita ingin mengonsumsi suplemen makanan untuk kesehatan jantung kita, maka pilihlah produk yang memang diformulasikan untuk memelihara kesehatan jantung. omega3salmon_seaquill_070312080350_ll.jpg

Sea Quill Omega-3 Salmon

Formulated to maintain a healthy heart.* (Diformulasikan untuk kesehatan Jantung)

2. Teliti manfaat Produk

Salmon Omega-3 merupakan makanan kesehatan yang menawarkan berbagai kegunaan terapi potensial, terutama sebagai perlindungan terhadap jantung. Efek menguntungkan lainnya antara lain sebagai berikut:

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
  2. Mengurangi resiko penyakit jantung
  3. Menurunkan tekanan darah bagi penderita penyakit hipertensi

Salmon Omega-3 juga berperan sebagai anti inflamasi, sehingga memberikan keuntungan bagi pasien denganrheumatoid arthritis (rematik) dan lupus. Omega 3 juga melindungi myelin, yang berfungsi melindungi saraf, sehingga dapat membantu dalam mengobati berbagai kondisi seperti glaukoma (gangguan syaraf pada mata),multiple sclerosis (semacam gangguan syaraf), diabetes, migran (sakit kepala), depresi, gangguan bipolar(moody), serangan panik, dan agoraphobia (takut pada keramaian dan ruang terbuka). Salmon Omega-3 juga diketahui dapat membantu dalam mencegah terjadinya kanker [4].

cats 3. Komposisi Produk omega3salmon60_-01

Sea-Quill Omega 3 Salmon mengandung konsentrasi tinggi EPA (400 mg) dan DHA (300 mg) pada setiap kapsulnya yang terdiri dari 1000 mg minyak ikan salmon.

4. Perhatikan Dosisnya

1 kapsul lunak 1-3 kali sehari setelah makan atau sesuai anjuran ahli

5.  Baca Petujuk-petunjuk yang penting dalam kemasan produk

For Your Health : No Sucrose, Preservatives, Artificial Flavors or Colors

(Tidak mengandung pemanis buatan, pengawet buatan, dan pewarna buatan)

Petunjuk-petunjuk lain misalnya, cara penyimpanan: 

Keep out of reach of children. Do not use if product appears to be tampered with or seal is broken. Store in a cool, dry place

(Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan gunakan jika kemasan atau segel rusak. Simpan di tempat yang sejuk dan kering).

Berdasarkan berbagai penelitian, mengonsumsi suplemen bisa bermanfaat bila digunakan secara tepat. Selain ketepatan memilih suplemen, bermanfaat atau tidaknya tergantung kondisi tubuh, kondisi kesehatan, penyakit yang di derita, ataupun gaya hidup yang djalani. Walaupun Anda teratur menelan antioksidan, tetapi jika mengonsumsi rokok, alkohol, atau bahan lain yang mengganggu kesehatan tetap tinggi, maka konsumsi suplemen tidak akan banyak manfaatnya bagi Anda [2]. HBHM_0

Daftar Referensi

[1] Gibney, M. J., Barrie M. M., John M. K., & L. Arab. 2009. Public Health Nutrition. Blackwell Pubishing: Oxford.

[2] Yuliarti, N. 2009. A to Z Food Suplement. ANDI: Yogyakarta.

[3] Kowalski, R. E. 2007. The Blood Pressure Cure: 8 Weeks to Lower Blood Pressure without Prescription Drugs. John Wiley & Sons: New Jersey.

[4] http://www.sea-quill.com/detailproduct.php?id_product=107. “Sea-Quill Omega-3 Salmon”. Diakses pada 12 Desember 2014.

Blog-Contest-Sea-Quill-Rectangle-300-x-250