SENJA YANG MENDADAK BISU (LUGINA W. G.)

Senja-yang-Mendadak-Bisu-deteens-2

Entah aku yang berlebihan atau cerpen ini memang luar biasa memukau. Bahasanya membuatku ikut hidup di dalamnya, pesan yang disampaikan penulis masuk sampai ke sum-sum tulangku dan membuatku merinding. Aku berharap dapat mengasah kemampuanku sampai ke tahap di mana mereka berada, para penulis profesional yang selalu membuat jejak dengan pena-nya.

Aku merekomendasikan cerpen ini untuk teman-teman baca 🙂

Senja yang Mendadak Bisu

 SELAMAT MEMBACA!!!

Iklan

AYAH_ANDREA HIRATA

Novel Ayah ‘book trailer’

Andrea Hirata

Betapa Sabari menyayangi Zorro. Ingin dia memeluknya sepanjang waktu. Dia terpesona melihat makhluk kecil yang sangat indah dan seluruh kebaikan yang terpancar darinya. Diciuminya anak itu dari kepala sampai ke jari-jemari kakinya yang mungil. Kalau malam Sabari susah susah tidur lantaran membayangkan bermacam rencana yang akan dia lalui dengan anaknya jika besar nanti. Dia ingin mengajaknya melihat pawai 17 Agustus, mengunjungi pasar malam,  membelikannya mainan, menggandengnya ke masjid,  mengajarinya berpuasa dan mengaji, dan memboncengnya naik sepeda saban sore ke taman kota.

ayah

Jika bukan karena semangatku dan Ayahku, aku tidak mungkin dapat berdiri tegap di altar suci ilmu pengetahuan. Jika bukan karena dukungan Ayahku, aku tidak akan setegak ini berdiri memperjuangkan cita-citaku sejak kecil. Jika bukan karena Ayahku, apakah aku bisa berjuang melawan nasib busukku sendirian? Percayalah Ayah, aku akan memperjuangkan kebenaran itu, kejujuran itu, dan aku akan belajar menjadi manusia yang bertanggung jawab.

Hayuno Sakura Present

CATATAN AKHIR KULIAH 2

cover cak 2.0

Penerbit : BENTANG PUSTAKA
Kategori : NOVEL REMAJA
No. ISBN : 978-602-1383-45-2
Kertas / Halaman : SoftCover / 212 halaman
Berat : 190 gram

SINOPSIS

Waktu gue belum lulus, orang-orang bertanya kapan gue wisuda. Setelah gue lulus, mereka kembali bertanya kapan gue kerja. Terkadang, gue kehabisan akal untuk menjawabnya. Gue jadi selalu menyiapkan beberapa helai rumput di kantong kemeja, supaya gue bisa jawab, “Coba kita tanya pada rumput yang bergoyang,” sambil ngejejelin rumput ke mulut mereka.

Seperti yang kalian tahu ketika membaca Catatan Akhir Kuliah sebelumnya, (Apa?! lo belum baca? Filmnya aja udah dirilis, tuh!) gue seorang mahasiswa kere, dengan orangtua kere, dan nilai jeblok. Gue jomblo dari orok, ditolak cewek mulu. TAPI GUE TETEP GANTENG, dan gue mencoba menjalani sisa hidup lewat pembuktian hipotesis-hipotesis umum, seperti, “nilai bagus tidak menjamin kesuksesan”.

Di buku ini ada setumpuk pengalaman yang mau gue bagi, biar sebelum lulus, kamu sudah memiliki perencanaan yang matang seperti program KB, Kuliah Berencana, IPK 2 Lebih Baik. Karena hidup nggak akan selalu mulus seperti paha tanpa bulu kaki. Silakan tertawai, dan mungkin tanpa sadar, lo akan tahu bahwa lo sedang menertawai diri sendiri.

“Pengalaman berupa kegagalan ditolak berkali-kali yang bisa saja dialami oleh semua orang. Menyakitkan, tapi bisa melecut. Buku ini membuat saya tertawa dan sekaligus … di situ saya kadang merasa sedih.”

—Johansyah Jumberan, @joejuhdy, produser film Catatan Akhir Kuliah

“Gue terpikat pada kejenakaan ketika Sam berjuang melepas diri dari statusnya sebagai tuna-salary dengan caranya sendiri. Frankly and tasty!”

—Rons Imawan, @wowkonyol, penulis

“Sam mampu membawa saya ikut merasakan dunianya, yang realistis tapi dramatis, disampaikan dengan humor cerdas menghibur.”

—Jay Sukmo, @jaysukmo, sutradara film Catatan Akhir Kuliah

Karena SKRIPSI hanya dapat dilalui dengan ketulusan. Ketulusan berarti Ikhlas, Rela berkorban, Pantang menyerah dan Semangat yang tak pernah padam _Hayuno Sakura 2015.

skripsi2-copy

Hayuno Sakura Present

CATATAN AKHIR KULIAH (SAM @Skripsit)

20722061

Publisher Transworld

Publication date 28th August 2014

ISBN NA

Length 238 pages

Categories Thrillers

SINOPSIS

Skripsi dan Sam adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Benci tapi butuh. Benci tapi harus diselesaikan biar Mama nggak makin galau. Yep, skripsi itu kayak main game, ada tahap-tahapnya, ada rintangan yang harus ditaklukkan.

Stage 1:

Senang deh bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang beken itu.

Stage 2:

Sam sadar kalau dia terjebak di jurusan yang salah. Dia mulai malas kuliah dan coba-coba mencari ilmu di luar perkuliahan dengan aktif berorganisasi.

Stage 3:

Sam dekat banget sama kedua sahabatnya di kampus, Sobari dan Ajeb. Suatu malam, saat Sam lagi fotocopy bahan UTS bareng Sobari, dia ketemu cewek bernama Kodok. Sam langsung suka!

Stage 4:

Perjuangan Sam terbagi antara merebut hati Kodok, dan satu arena terakhir yang paling menakutkan…

Final Stage:

SKRIPSI

“Skripsi memang susah, tapi tanpa hal susah, kita nggak akan banyak berubah.”

Asli, Gue ngerasain sendiri! Beli bukunya, rasakan sensasinya… Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Lo semua harus baca! Haha… kocak

Movienya juga ada nih:

SEE YOU AGAIN (OST. FURIOUS 7)

See You Again – Wiz Khalifa (OST. Furious 7) ft. Charlie Puth

It’s been a long day without you my friend
Hari-hari terasa lama tanpamu, teman
And I’ll tell you all about it when I see you again
Dan kan kuceritakan semua ini padamu saat aku bertemu denganmu lagi
We’ve come a long way from where we began
Kita tlah datang jauh dari tempat kita mulai
Oh I’ll tell you all about it when I see you again
Oh kan kuceritakan semua ini padamu saat aku bertemu denganmu lagi
When I see you again
Saat aku bertemu denganmu lagi
Damn who knew
Sial, siapa yang mengira
All the planes we flew
Pesawat-pesawat yang kita tumpangi
Good things we’ve been through
Hal-hal baik yang tlah kita lewati
That I’ll be standing right here talking to you
Bahwa aku kan berdiri di sini berbincang denganmu
Bout another path
Tentang jalan lain
I Know we loved to hit the road and laugh
Aku tahu dulu kita suka ngebut di jalanan dan tertawa
But something told me that it wouldn’t last
Tapi ada sesuatu yang memberitahuku bahwa itu takkan selamanya
Had to switch up
Harus beralih
Look at things different, see the bigger picture
Melihat hal-hal dengan cara berbeda, melihat gambar yang lebih besar
Those were the days
Itu adalah hari-hari
Hard work forever pays
Kerja keras selamanya berbalas
Now I see you in a better place
Kini aku bertemu denganmu di tempat yang lebih baik
How could we not talk about family when family’s all that we got?
Bagaimana mungkin kita tak bicara tentang keluarga saat hanya itu yang kita punya?
Everything I went through you were standing there by my side
Segala yang kulewati, kau berdiri tegar di sisiku
And now you gonna be with me for the last ride
Dan kini kau kan bersamaku untuk balapan terakhir
Back to I
First you both go out your way
Awalnya, kalian berdua bertualang
And the vibe is feeling strong
Dan getaran itu terasa kuat
And what’s Small turn to a friendship
Dan yang dulunya kecil berubah jadi persahabatan
A friendship turn into a bond
Persahabatan berubah jadi ikatan
And that bond will never be broken
Dan ikatakan itu takkan pernah patah
And the love will never get lost
Dan cinta itu takkan pernah hilang
And when brotherhood come first
Dan ketika persaudaraan didahulukan
Then the line Will never be crossed
Maka garis itu takkan pernah dilintasi
Established it on our own
Berdiri tegak sendiri
When that line had to be drawn
Saat garis itu harus ditarik
And that line is what we reached
Dan garis itulah yang tlah kita capai
So remember me when I’m gone
Maka ingatlah aku saat aku tiada
How could we not talk about family when family’s all that we got?
Bagaimana mungkin kita tak bicara tentang keluarga saat hanya itu yang kita punya?
Everything I went through you were standing there by my side
Segala yang kulewati, kau berdiri tegar di sisiku
And now you gonna be with me for the last ride
Dan kini kau kan bersamaku untuk balapan terakhir
So let the light guide your way
Maka biarlah cahaya memandu jalanmu
Hold every memory as you go
Kudekap setiap kenangan saat kau pergi
And every road you take
Dan setiap jalan yang kau tempuh
will always lead you home
Akan selalu menuntunmu pulang
Back to I

fast-and-furious-7

Copy Lyric: link

Fly With the Wind (Ost. Who Are You 2015)

3a4c4-2316706

na honjaseoman tteodaninda nae juwineun da tteonaganda
hanadulssig bieoganeun binjalireul meonghani sonnohgo barabwatdeon nal tashanda
chimmughaneun geosi igsughago pyeonhaejyeosseo deuleo jul li manmuhan sori eomneun auseong
seoseohi meoreojyeo gan chae golibdoeeojyeo gasseo ijen da tteonabeorin na honja nameun seom
deodige doraganeun siganeul jaechoghae boneun geo bakke hal su itneun ge naegen manhji anheun geol
chamanaego namyeon araneun julleonji gwaenchanhdago ttaseuhage malhaejul nugunga

neoui du nuneul bomyeo nunmuri neomsilgeolyeo oeroun bami omyeon
barame nallyeo eodilonga tteonaga bolkka
neoui yeope isseojulke

{Rap}
baram hanjeom tonghaji anheun gos soge gadhyeo igsughan oeroumeul samkigo
eoril jeog geulyeotdeon donghwaneun jaesbichdeullo muldeuleo gieog jeopyeonui dwiangillo sarajyeo gane
nan najimaghan mogsolilo bulleobwassja soyongeobseo tto neogseul ilheo
gabyeoun useumjocha naege heoraghaji anhneun igoseulo delyeowassne
gahoghan sesangeun na honjaui mogsi toeeobeorin seulpeumgwa jageun gippeumjocha nanul il eomneun gonggan
haengbogeun byeorang kkeut cheolyanghan kkoch han songicheoreom soneul ppeodgien dulyeowo meomchun nae balgeoreum maeum dul got hana eobseo
tto jeongcheo eobsi tteodolmyeo maeseoun chuwi soge yeomin osgit ginagin jeogmag kkeuten gidarigo isseulkka sangcheotuseongi nae du soneul jabajul nugunga

neoui du nuneulbomyeo nunmuri neomsilgeolyeo oeroun bami omyeon
barame nallyeo eodironga tteonaga bolkka
neoui yeope isseojulke
da ara neoui apeun sangcheo nan neoui pinancheo
muneojineun neoegen naega piryohae ajig motda pin kkocheulo
jineun geon seulpeujanhni naeildo neon dasi pieona

ppeonhan myeoch geuljaui malloneun wilo mothae jamkkanui mellow
do eobsneun peogpeoghan i hyeonsile gadhin naege han mogeumui mureul jwo
amudo deureojuji anhneun nae baramman geujeo seuchideus narinda

Terjemahan:
Aku terapung di sekitar sendirian
Semua orang di sekitarku pergi
Kursi kosong satu persatu
Aku menyalahkan diriku sendiri karena hanya menonton
Aku sudah terbiasa untuk diam, itu lebih nyaman
Tidak ada cara orang akan mendengarkanku
Perlahan-lahan semakin jauh dan terisolasi
Sekarang semua orang telah pergi, aku sebuah pulau kesepian
Aku tidak punya apapun lagi yang harus dilakukan, tapi desakan waktu berlalu secara perlahan
Jika aku menahannya, akankah mereka menyadarinya?
Akankah ada seseorang dengan hangat mengatakan padaku itu baik-baik saja?

Ketika aku melihat matamu, air mata yang akan jatuh
Ketika kesepian malam datang
Haruskah aku terbang di atas angin, pergi ke suatu tempat?
Aku akan tinggal di sisimu

Terjebak di tempat tanpa angin
Aku ditelan dalam kesepian biasanya
Dongeng yang aku tertarik sewaktu mulai berwarna abu-abu
Menghilang di balik kenangan
Bahkan jika aku memanggil dengan suara yang halus, tidak ada gunanya, aku kehilangannya lagi
Mereka membawaku ke sini, di mana bahkan tidak tertawa lirih diizinkan
Dunia yang kejam ini menjadi sesuatu yang harus aku tangani sendirian
Sebuah ruang di mana kamu tidak dapat berbagi kesedihan atau kebahagiaan terkecil
Kebahagiaan adalah seperti bunga yang layu di tepi tebing
Aku takut untuk mengulurkan tanganku, langkahku telah berhenti, tidak ada tempat untuk beristirahat
Berkeliaran tanpa rencana
Memasang pakaianku dalam dingin yang kejam ini
Akankah bekas luka akan menungguku di akhir kegelapan ini?
Atau akan seseorang memegang tanganku?

Ketika aku melihat matamu, air mata yang akan jatuh
Ketika kesepian malam datang
Haruskah aku terbang di atas angin, pergi ke suatu tempat?
Aku akan tinggal di sisimu

Aku tahu bekas luka yang menyakitkanmu, aku pertahananmu
Kamu membutuhkanku ketika kamu jatuh
Terlalu menyedihkan untuk layu ketika bunga masih belum mekar
Besok, kamu akan mekar lagi

Tidak bisa menenangkanku dengan kata-kata khusus
Aku terperangkap dalam realitas yang tidak memiliki saat-saat meredakan
Beri aku air minum
Harapanku yang tidak ada seorang pun mendengarnya
Hanya berlalu

Lirik Baechigi-Fly With the Wind feat Punch

CR: lyric

RESET (OST. WHO ARE YOU 2015)-LYRIC DAN TERJEMAHAN

Who-Are-You-School-2015-OST-PART-1
nae mame gipi gadeuk chabeorin
gongheohan sesang nareul guhaejwo
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
eodume gathin oeroun nunbit
nae soneul jaba jul saram eopsna
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
eodin nugun gan jal algessji nae goeroun mameul
ape seoseong doedo mot chajneun na kkwaekkori gateun
honja naradanyeo eodum soge tto nae oeroun bameul
honja naradanyeo eodum sok tto goeroun mameul
wae mollajuneun geonde amuri jageun naran jonjae rado
jisbalpji malgo nawa gati ga
musimko deonjin neoui geu maldeulgwa haengdongdeuri nareul muneotteuryeo
hanguseogeuro mora neon anirago malhajiman
biuseum dwie sumeo nareul chajji ma
nae mame gipi gadeuk chabeorin
gongheohan sesang nareul guhaejwo
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
eodume gathin oeroun nunbit
nae soneul jaba jul saram eopsna
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
geujeo seuchyeo jinaganeun baram, yeop yeop saram baro ape
sori jilleobwado goyohamman maju bogo issneunde
nado gati geotgo issneunde
wae geudeureun jeomjeom meoreojyeo
wae nan hangsang honja seoisseo
wae nae sesangman meomchwo
jeo meolli huimihaejineun geudeurui dwismoseup
dan han myeongmanirado joha dwidora jebal nae sonjaba jwo
da han beonppunirado joha jebal nae soneul jabajwo
geogi nugudeun jamkkan meomchwojwo
nae mame gipi gadeuk chabeorin
gongheohan sesang nareul guhaejwo
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
eodume gathin oeroun nunbit
nae soneul jaba jul saram eopsna
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
biuseum anin neoui misoneun
sarajyeoganeun nal doechajajwo
eodum sogen neoui misoneun
oeroun nae mam hwonhi balkhyeojwo
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
biuseum anin neoui misoneun
sarajyeoganeun nal doechajajwo
eodum sogen neoui misoneun
oeroun nae mam hwonhi balkhyeojwo
I wanna reset , I wanna reset , I wanna reset
How about you
I`m all about you
areumdawossdeon geuttaero doragallae
reset
ireohge hollo namgyeojin oeroum
naui isoneul jigeum jabajwo
I wanna reset
I wanna reset
I wanna reset
sangcheotuseongi sumgyeodun jinsil
haengbokhaessdeongot na doragallae
I wanna reset
I wanna reset
I wanna reset
***
Terjemahan:
 
Ada ruang kosong didalam hatiku, tolong selamatkan aku
Aku ingin mengulang kembali semuanya
Tatapan mata yang kesepian terjebak dalam kegelapan
Apakah ada orang yang mau menggenggam tanganku?
Aku ingin mengulang kembali semuanyaSeseorang disuatu tempat sana akan tahu hati yang menyedihkanku
Itu tepat didepanku tapi aku tidak bisa menemukannya seperti burung oriole
Aku terbang disekitar dalam kegelapan ini, dimalam kesepianku
Aku terbang disekitar dalam kegelapan ini, dengan hati yang menyedihkan
Mengapa kau tidak tahu? Bahkan jika wujudku kecil
Jangan mengabaikanku tapi pergilah bersamaku
Kata ceroboh dan tindakanmu membuatku lelah
Ini adalah aku, meskipun kau menyangkalnya
Aku bersembunyi dibalik ejekan, jangan mencarikuAda ruang kosong didalam hatiku, tolong selamatkan aku
Aku ingin mengulang kembali semuanya
Tatapan mata yang kesepian terjebak dalam kegelapan
Apakah ada orang yang mau menggenggam tanganku?
Aku ingin mengulang kembali semuanya

Ini hanya angin lewat
Aku mencoba berteriak pada orang disebelahku
Tapi dia hanya diam menatapku
Aku berjalan juga, tapi mengapa mereka berjalan menjauhiku?
Mengapa aku berdiri sendirian disini?
Mengapa hanya duniaku yang berhenti?
Aku melihat mereka menghilang jauh dan semakin jauh
Aku tidak peduli jika itu hanya satu orang, kumohon lihatlah kebelakang, dan pengang tanganku
Aku tidak peduli jika itu hanya sesaat, kumohon genggamlah tanganku
Seseorang kumohon berhentilah sebentar

Ada ruang kosong didalam hatiku, tolong selamatkan aku
Aku ingin mengulang kembali semuanya
Tatapan mata yang kesepian terjebak dalam kegelapan
Apakah ada orang yang mau menggenggam tanganku?
Aku ingin mengulang kembali semuanya

Senyummu yang tidak mengejekku
Menemukanku lagi dari kehilangan
Dalam kegelapan, senyummu
Bersinar terang dalam hatiku
Aku ingin ini terulang kembali
Senyummu yang tidak mengejekku
Menemukanku lagi dari kehilangan
Dalam kegelapan, senyummu
Bersinar terang dalam hatiku
Aku ingin ini terulang kembali

Bagaimana denganmu?
Semua tentangmu
Aku ingin kembali kehari-hari yang indah itu
Aku ingin kembali

Aku ditinggalkan sendirian seperti ini, kesepian
Kumohon genggam tanganku
Aku ingin kembali
Aku ingin kembali

Aku ingin kembali
Kebenaran tersembunyi oleh bekas luka
Aku ingin kembali ketempat yang bahagia
Aku ingin kembali
Aku ingin kembali
Aku ingin kembali

Lyric Tiger JK ft. Jinsil

CR: lyric