B-GLUKAN SEBAGAI ANTIKANKER

vanessa-scientist

β-GLUKAN merupakan salah satu komponen terbesar dari dnding sel jamur. Senyawa ini telah terbukti dapat membantu sistem imun dalam tubuh dari serangan penyakit, menurunkan kadar kolesterol darah, dan membantu dalam penyembuhan luka. Keuntungan dari peran β-glukan yang bermanfaat dalam penyembuhan kanker telah dijelaskan oleh Peter W. Mansell, M. D. pada tahun 1985 dalam Journal of the National Cancer Institute. Sembilan pasien dengan kanker kulit β-D-glukan (1,3) selama terapi memperlihatkan bahwa ukuran lesi kanker dapat mengecil dalam waktu 5 hari. Produsen β-glukan merekomendasikan bahwa dosis pemakaian berkisar antara 30-500 mg/hari atau dua kali lipat bila untuk penyembuhan. β-glukan dapat tersedia dalam bentuk kapsul, cair, atau tablet.

Sampai saat ini, masih belum banyak data yang mengungkapkan masalah epidemiologi. Satu-satunya epidemiologi yang pernah dilakukan di negara Korea mempunyai prevalensi tinggi kanker gastrik pada tahun 2004. Dilaporkan bahwa terdapat hubungan timbal balik antara asupan jamur dan risiko kanker gastrik. Dijelaskan lebih lanjut bahwa pada kelompok yang menerima asupan jamur medium mempunyai risiko kanker gastrik 0,38. Kelompok yan g menerima asupan jamur tinggi, risiko kanker gastriknya 0,30 untuk seluruh parameter jenis kelamin, umur, status sosial-ekonomi, atau riwayat kanker (Borchers, 2004).

Tingkat aktivitas antikanker oleh β-glukan ada hubungannya dengan berat molekul, jumlah cabang, dan kelarutan dalam air. Dari analisis dengan menggunakan NMR dan difraksi sinar-X, menunjukkan bahwa β-D-glukan aktif menunjukkan struktur heliks stereo “triple-stranded right-winding” (Bluhm and Sarco, 1977).

Medicinal-Mushroom-Beta-Glucan

See at more: Buku Jamur Konsumsi Berkhasiat Obat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s