SELALU SEHAT DENGAN SUPLEMEN MAKANAN YANG TEPAT

organic-food-supplements Dibandingkan asupan makanan, pengukuran manfaat pemakaian suplemen vitamin sampai saat ini tidak begitu besar. Di negara-negara tempat penggunaan suplemen banyak di temukan, pengkajian ini cukup penting karena pemakaian suplemen itu sendiri merupakan pajanan yang menjadi fokus bagi pengkajian beberapa penyakit kronis. Bagi banyak nutrien (misalnya vitamin E), takaran yang tersedia untuk suplemen tersebut jauh lebih tinggi (biasanya, dosis suplemen vitamin E berkisar dari 200-1000 mg) daripada takaran yang dapat diperoleh dari makanan (hanya sekitar 8-10 mg). Oleh karena itu, suplemen dapat memberikan kontribusi yang besar bagi asupan total mikronutrien (dari makanan plus suplemen) yang juga merupakan pajanan penting lainnya [1].

Sebelum mengonsumsi suplemen makanan, tentunya Anda harus yakin produk yang terbaik dan benar-benar Anda butuhkan. Hal ini erat kaitannya dengan bagaimana Anda memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan kondisi tubuh Anda dan cara mengonsumsi suplemen makanan yang tepat. Dewasa ini, berbagai makanan yang dijual telah diperkaya atau difortifikasi dengan berbagai macam suplemen. Bila Anda mengonsumsi produk-produk seperti itu, sebaiknya Anda memiliki gambaran berapa banyak kandungan suplemen yang telah Anda peroleh. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kelebihan perolehan suplemen makanan. Dari segi sumbernya Anda juga perlu mengetahui bahwa banyak dari suplemen tersebut adalah hasil sintesa kimia dari senyawa tunggal yang penyerapannya oleh tubuh kurang baik dibandingkan dari bahan alam yang berbentuk senyawa kompleks. Suplemen-suplemen yang tersedia dijual dalam bentuk serbuk, kapsul, cairan, tablet kablet, dan tablet effervescent (tablet larut air) [2]. minyak-ikan Bahan-bahan alami yang digunakan untuk pembuatan suplemen nutrisi contohnya adalah ikan. Ikan maupun suplemen minyak ikan mengandung EPA dan DHA yang secara klinis menguntungkan jantung dan sistem vaskular. Bahkan porsi kecil ikan, terutama ikan berlemak air dingin, seperti ikan salmon, sarden, dan mackerel, mampu memberikan manfaat tersebut. American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan dua kali seminggu. Tidak semua orang menyukai ikan. Bagi mereka, suplemen adalah pilihan yang tepat. Satu kapsul minyak ikan mengandung 3 gram omega-3 untuk sehari. Anda pun bisa memperoleh lemak omega-3 EPA dan DHA dalam bentuk konsentrat etil ester dengan dosis 1 gram per hari (sintesa kimia). Orang yang memilih suplemen omega-3 untuk menurunkan kadar trigliserida yang sangat tinggi membutuhkan 3,5 gram sehari. Dosis tersebut memberikan efek farmakologi, bekerja seperti obat, dan harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter [3].

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengonsumsi suplemen kesehatan diantaranya:

1. Perhatikan teks dalam kemasan

Pelajari suplemen yang Anda pilih dengan menimba pengetahuan sebanyak mungkin tentang suplemen tersebut dari teks atau tulisan pada kemasan atau label, diantaranya:

a. Klaim yang menunjukkan manfaat produk.

b. Komposisi kandungan bahan-bahan dari produk tersebut dilengkapi dengan jumlah kadarnya dalam satu takaran ( 1 tablet, 1 kaplet, 1 bungkus, 1 sendok, atau 1 takaran tertentu lainnya).

c. Dosis yang menunjukkan aturan pakai atau konsumsi yang benar dalam sehari.

d. Indikasi yang menunjukkan keuntungan mengonsumsi suplemen tersebut.

e. Petunjuk lainnya seperti tentang cara penyimpanan yang baik serta peringatan pemakaian jika produk tersebut berefek keras.

Produsen yang baik biasanya memberikan catatan tambahan, misalnya mengenai zat-zat tambahan, efek samping, cara pemakaian, dan cara penyimpanan. Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi mereka yang mengalami kecenderungan alergi. Telitilah apakah ada kandungan gula, gandum, susu, pewarna buatan, atau pengawet buatan. nutritional-supplements Bila seorang vegetarian harus menghindari kapsul yang terbuat dari gelatin (dari produk hewan), maka pilih merek yang menggunakan kapsul dari selulosa. Produk bahan alami pada umumnya mengandung bahan tambahan pembentuk tablet, misalnya selulosa dan magnesium stearat yang dianggap aman untuk dikonsumsi. Pada produk konvensional, perlu diketahui, bahwa bermacam pemanis, bahan kimia, dan pewarna yang ditambahkan kemungkinan bisa menyebabkan reaksi alergi. Zat aditif tersebut antara lain laktosa, pati makanan yang dimodifikasi, pati jagung, polisorbat 80, sukrosa, fruktosa, maltodekstrin, polietilenglikol, dan pewarna buatan.

2. Taati aturan pakainya

Sangat penting untuk mengonsumsi suplemen secara bijaksana. Sikap asal telan sembarangan akibat tidak ketahuan, ikut-ikutan tren, terperdaya iklan, atau membabi-buta lantaran ingin cepat sehat bisa membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu setelah memilih suplemen menurut kebutuhan, tanamkan komitmen pada diri sendiri untuk mengikuti aturan pakainya, misalkan sebutir per hari. Hal ini akan menghindarkan Anda dari sikap sembrono untuk melalaikan atau mengonsumsi dalam jumlah yang melebihi dosis. Setelah Anda mengonsumsi dalam waktu tertentu, misalkan satu bulan, Anda baru boleh menyimpulkan reaksinya. Kemudian, amati apakah dari reaksi tersebut tujuan Anda sudah tercapai atau belum. Contohnya, jika Anda mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya ingat, Anda harus dapat merasakan dan menentukan apakah suplemen tersebut efektif atau tidak setelah rentang dosis berakhir. Tentukan saja, jika Anda mengonsumsi suplemen untuk membantu melawan penyakit jantung dan kanker, diperlukan rentang waktu konsumsi yang lebih lama untuk membuktikan apakah suplemen tersebut bisa benar-benar membantu [2].

Contoh Cara Memilih suplemen Makanan yang Tepat:

1. Misalnya kita ingin mengonsumsi suplemen makanan untuk kesehatan jantung kita, maka pilihlah produk yang memang diformulasikan untuk memelihara kesehatan jantung. omega3salmon_seaquill_070312080350_ll.jpg

Sea Quill Omega-3 Salmon

Formulated to maintain a healthy heart.* (Diformulasikan untuk kesehatan Jantung)

2. Teliti manfaat Produk

Salmon Omega-3 merupakan makanan kesehatan yang menawarkan berbagai kegunaan terapi potensial, terutama sebagai perlindungan terhadap jantung. Efek menguntungkan lainnya antara lain sebagai berikut:

  1. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
  2. Mengurangi resiko penyakit jantung
  3. Menurunkan tekanan darah bagi penderita penyakit hipertensi

Salmon Omega-3 juga berperan sebagai anti inflamasi, sehingga memberikan keuntungan bagi pasien denganrheumatoid arthritis (rematik) dan lupus. Omega 3 juga melindungi myelin, yang berfungsi melindungi saraf, sehingga dapat membantu dalam mengobati berbagai kondisi seperti glaukoma (gangguan syaraf pada mata),multiple sclerosis (semacam gangguan syaraf), diabetes, migran (sakit kepala), depresi, gangguan bipolar(moody), serangan panik, dan agoraphobia (takut pada keramaian dan ruang terbuka). Salmon Omega-3 juga diketahui dapat membantu dalam mencegah terjadinya kanker [4].

cats 3. Komposisi Produk omega3salmon60_-01

Sea-Quill Omega 3 Salmon mengandung konsentrasi tinggi EPA (400 mg) dan DHA (300 mg) pada setiap kapsulnya yang terdiri dari 1000 mg minyak ikan salmon.

4. Perhatikan Dosisnya

1 kapsul lunak 1-3 kali sehari setelah makan atau sesuai anjuran ahli

5.  Baca Petujuk-petunjuk yang penting dalam kemasan produk

For Your Health : No Sucrose, Preservatives, Artificial Flavors or Colors

(Tidak mengandung pemanis buatan, pengawet buatan, dan pewarna buatan)

Petunjuk-petunjuk lain misalnya, cara penyimpanan: 

Keep out of reach of children. Do not use if product appears to be tampered with or seal is broken. Store in a cool, dry place

(Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan gunakan jika kemasan atau segel rusak. Simpan di tempat yang sejuk dan kering).

Berdasarkan berbagai penelitian, mengonsumsi suplemen bisa bermanfaat bila digunakan secara tepat. Selain ketepatan memilih suplemen, bermanfaat atau tidaknya tergantung kondisi tubuh, kondisi kesehatan, penyakit yang di derita, ataupun gaya hidup yang djalani. Walaupun Anda teratur menelan antioksidan, tetapi jika mengonsumsi rokok, alkohol, atau bahan lain yang mengganggu kesehatan tetap tinggi, maka konsumsi suplemen tidak akan banyak manfaatnya bagi Anda [2]. HBHM_0

Daftar Referensi

[1] Gibney, M. J., Barrie M. M., John M. K., & L. Arab. 2009. Public Health Nutrition. Blackwell Pubishing: Oxford.

[2] Yuliarti, N. 2009. A to Z Food Suplement. ANDI: Yogyakarta.

[3] Kowalski, R. E. 2007. The Blood Pressure Cure: 8 Weeks to Lower Blood Pressure without Prescription Drugs. John Wiley & Sons: New Jersey.

[4] http://www.sea-quill.com/detailproduct.php?id_product=107. “Sea-Quill Omega-3 Salmon”. Diakses pada 12 Desember 2014.

Blog-Contest-Sea-Quill-Rectangle-300-x-250

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s