Macrophthalmus definitus

TUGAS TERSTRUKTUR

MATA KULIAH EKOLOGI MANGROVE

logo unsoed

Nama: Chayyu Latifah

NIM: B1J011036

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

FAKULTAS BIOLOGI

PURWOKERTO

2013

Macrophthalmus definitus, Ocypodoidea

images

Klasifikasi

Kingdom         : Animalia

Phylum            : Arthropoda

Class                : Crustacea

Order               : Decapoda

Suborder         : Pleocyemata

Infraorder        : Thoracotremata

Superfamily     : Ocypodoidea

Family             : Ocypodidae

Subfamily        : Macrophthalminae

Genus              : Macrophthalmus

Subgenus         : Mareotis

Species            : Macrophthalmus definitus

Biologi

Morfologi Macrophthalmus definitus yaitu memiliki karapas dengan berat permukaan granular kecuali atas lambung, jantung, usus, dan bersebelahan daerah branchial yang halus dan mengkilap, sejumlah butiran diatur dalam baris melintang, depan deflexed, sedikit terbatas antara dasar dari peduncles okular dengan butiran sepanjang setengah proksimal lateral margin, distal lurus, median alur dalam, margin lateral yang posterior subparallel, dan memiliki 3 gigi antero-lateral yang berbeda. Peduncles okuler panjang dan sempit, kornea memperluas ke pangkal sudut orbital eksternal. Wilayah tengah epistome berlubang. Merus ketiga maxilliped nyata, lebih kecil dari iskium. Telapak cheliped gemuk, permukaan luar jantan halus untuk mata telanjang, permukaan bagian dalam sangat berbulu, dengan butiran besar di dekat rendah margin; jari bergerak deflexed, capit terpusat dengan besar, panjang, gigi crenulated, dan butiran besar distal, ujung tombak dactylus proksimal dengan kecil tetapi berbeda gigi, dan butiran besar distal. Meri, carpi dan propodi dengan rambut tebal, meri dengan deretan butiran di sepanjang margin.

Ekologi

Macrophthalmus definitus merupakan jenis kepiting yang hidup berasosiasi dengan mangrove. Hewan ini merupakan golongan krustacea yang memegang peranan penting di daerah mangrove. Menurut penelitian yang dilakukan Suryono (2006), terdapat 12 jenis kepiting (Infra Ordo Brachyura dan Anomura) dikawasan mangrove perairan Delta Wulan Demak seperti: Metaplax sp, Metopograpsus sp, Selatium sp, Perisesarma sp, Ilyoplax sp, Uca sp 1, Uca sp 2, Uca sp 3, Paracleistostoma sp, Coenobita sp, Clibanarius sp dan Macrophthalmus sp.

Habitat Kepiting ini adalah di daerah perairan delta yang banyak ditumbuhi mangrove sebagai produser maupun tempat perlindungan bagi kepiting. Hasil penelitian ekologi perairan Delta Wulan Demak menunjukkan bahwa daerah tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi laut dengan salinitas berkisar antara 26-31,5 ppt, sedangkan bentuk perairan Delta Wulan dapat dikatakan coastal plain estuary karena dominasi pasang surut sangat dominan. Di daerah pasang surut, biasanya ditemukan geleteng (Ocypode macrophthalmus) yang telah mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan darat (terrestrial). Hewan ini yang tubuhnya bisa berukuran sekitar 6 cm membuat lubang-lubang yang dalam di pasir (1 cm) disekitar batas atas garis panjang (Suryono, 2006). Menurut Odum (1996), Kisaran pH yang baik dan netral untuk mangrove adalah 5-7,6. Bila Ph terlalu rendah dapat mengakibatkan terhambatnya bahan organik menjadi netral. Sedangkan menurut Pescod (1973) kisaran pH yang normal bagi perikanan, termasuk krustase adalah 5-9.

Macrophthalmus definitus merupakan kepiting jenis penggali yang hidup didaerah berlumpur sehingga sangat mudah untuk dibuat lubang. Spesies dari famili Ocypodidae ini sering ditemukan di zona  Rhizophora spp dan Bruguiera spp. Selain itu Macrohthalamus sp cenderung menghindari daerah yang kering dan hidup pada habitat yang selalu tergenang air pasang sepanjang tahun dan tidak pernah mengalami kekurangan air atau kekeringan (Macinthos, 1984).

Semoga infonya bermanfaat, sertakan link jika copas 🙂

SteinsGate.Kurisu-Makise.640x960-3

PEJUANG PENA, PAHLAWAN TANPA TANDA TANGAN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s