Arrrrrgh, INSOMNIA????

misaki_ayuzawa_by_gryalphk-d301857Arghhhh…….!!!!!!! Bisa gila nih, kalo tiap hari tidurnya ga bener. Udah larut malem, tetep aja mata merem ga bisa tidur. Pfuuh, apa sih yang aku pikirkan? Kenapa sih, ga bisa tidur-tidur? Sampe matanya penulis udah kayak mata panda. Jadi gampang marah tau nggak, rasanya capek banget tapi tubuhnya ga mau istirahat. Apa sih penyebabnya?????

bisa dibaca disini : http://penyebabinsomnia.com/

Seseorang dengan insomnia akan merasa sulit untuk tertidur atau sering terbangun pada malam hari. Selain menyebabkan frustrasi dan kelelahan, insomnia mungkin terkait dengan berbagai masalah kesehatan. Insomnia dideskripsikan sebagai kesulitan tidur atau kesulitan untuk tetap tertidur lelap (sering terbangun pada malam hari). Insomnia bisa dikategorikan menjadi 2 bagian: insomnia jangka pendek atau sementara (kurang dari tiga minggu) dan insomnia kronis (lebih dari tiga minggu).

Berikut adalah beberapa macam penyebab insomnia: 

kaichou-wa-maid-sama-takumi-usui-x-misaki-ayuzawa-14267366-1280-720

1. Stres

Insomnia umumnya terjadi ketika seseorang mengalami stres. Stres bahkan bisa memicu insomnia kronis sehingga kembali ke pola tidur yang sehat mungkin akan menjadi sulit. Sebagian orang dengan kondisi ini merasa cemas apakah mereka akan bisa tertidur. Hal ini pada gilirannya memperparah insomnia karena orang tersebut dilanda kecemasan perihal bisa tidaknya mereka tertidur.

2. Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan sering mengganggu pola tidur. Orang dengan arthritis misalnya, berpotensi mengalami insomnia karena nyeri yang dirasakan membuat mereka tidak bisa tertidur. Masalah jantung atau masalah pernapasan juga membuat penderitanya tidak bisa tertidur dengan nyenyak. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif bisa menyebabkan kegelisahan dan kesulitan tidur. Wanita pada masa menopause juga mungkin mengalami insomnia.

misaki_ayuzawa_by_jayrosew-d49287a

Semoga cepet sembuh deh, ga enak banget. Mungkin penulis harus mulai     membuat perubahan gaya hidup dan mengambil waktu untuk merencanakan agenda harian, sehingga potensi stres berkurang dan tugas-tugas dapat diselesaikan lebih awal. Lebih cepat tugas selesai maka Anda memiliki lebih banyak untuk beristirahat. Salah satu cara terbaik untuk mengobati insomnia adalah pergi ke tempat tidur dengan pikiran yang jernih dan tenang. Hindari menjejali pikiran dengan masalah keluarga atau pekerjaan. Selain itu, Matikan Laptop Jauhkan tangan dari keyboard! Laptop membuat anda sulit untuk tertidur. Mengapa? komputer memicu Anda untuk terus menerus beraktifitas, dan terlalu lama berada di depan layar monitor tidaklah baik.sebuah reseptor kecil di otak yang mengatur sirkadian (atau badan) irama, termasuk siklus tidur-bangun jadi terganggu. Istirahat mudah: Shut down laptop Anda – dan berhenti texting – 1-2 jam sebelum waktu tidur.

 Tips makanan untuk menyembuhkan insomnia

1. Minum Susu

Segelas susu, hangat atau dingin, dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur bagi       mereka yang menderita insomnia. Susu mengandung kalsium yang memberikan      efek menenangkan.

Susu juga mengandung triptofan, neurotransmitter untuk membantu tidur dan merelaksasikan otot.

2. Mengonsumsi Pisang

Pisang juga mengandung triptofan yang merupakan prekursor alami untuk serotonin. Selain itu, pisang mengandung kalium, natrium dan magnesium yang juga memiliki efek menenangkan. Pisang adalah camilan yang baik untuk membantu Anda segera tidur.

3. Mengonsumsi Gandum

Gandum kaya akan protein, yang juga dapat membantu insomnia. Gandum juga memiliki mineral kalsium dan magnesium, yang menenangkan saraf.

Diyakini bahwa makan gandum dapat menyebabkan relaksasi dan mempercepat tidur.

4. Snack Kacang Pikan

Beberapa kacang pikan membantu menyembuhkan insomnia. Kacang pikan mengandung vitamin B, khususnya vitamin B6. Vitamin B6 adalah kunci untuk menenangkan sistem saraf yang terlalu aktif.

Kacang pikan juga mengandung piridoksin yang menghasilkan serotonin, yang dapat memproduksi melatonin. Melatonin dikenal sebagai “hormon tidur,” dan banyak terkandung dalam pil tidur pada umumnya.

5. Mengonsumsi Beberapa Batang Seledri

Seledri dapat membuat Anda mengantuk. Seledri mengandung zat yang menenangkan, sehingga menekan saraf untuk memberi isyarat agar segera tidur.

Semangat………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!  ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s