JERAWAT BIKIN GA PEDE

jerawatan Masih Pede

jerawat

Udah mulai ga pede

ayu

Wah, gawat udah bener-bener ga pede nih, sobat… (-_-)’ 

Hari ini sebenernya sih libur, cuma laporan numpuk nih.. terus ada review responsi juga tadi jam 2, jadi tetep deh go to campus. Yah, pas udah mandi dan lagi ngaca… hadeuh, jerawatku gede banget meeen 😥    Pfuuh, mungkin itu tuh efek kesibukanku akhir-akhir ini, debu dan polusi bersatu deh sama minyak yang keluar dari kulitku. Biasanya sih si jerawat menyebalkan ini muncul pas mau menstruasi, soalnya produksi minyak di wajahku saat itu lagi banyak-banyaknya. Jerawat adalah permasalahan pada kulit menjadi masalah yang besar bagi manusia, memang jerawat bukanlah suatu penyakit yang dapat mematikan, tetapi jerawat dapat merusak penampilan sehingga menimbulkan efek kurangnya percaya diri. Pada umumnya jerawat terjadi pada masa pubertas, hal ini disebabkan tidak adanya keseimbangan hormon, serta pembentukan hormon-hormon dewasa, hormon-hormon ini menyebabkan sebaceous (kelenjar penghasil sebum pada kulit) menjadi lebih aktif. Kenaikan aktifitas kelenjar ini mengakibatkan produksi sebum “minyak” pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan menjadi satu bergabung dengan kotoran serta sel kulit mati sehingga menyumbat terjadi penyumbatan pori-pori.

Pada saat pori-pori yang tersumbat ini tumbuh dan berkembang sejenis bakteri yang disebut “Propionibacterium acnes” yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionibacterium acnes melepaskan sejenis zat iritan yang nantinya akan mengiritasi kulit, efek dari iritasi inilah nantinya yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak. Disamping itu juga menyebabkan nanah dibawah permukaaan kulit, semua efek tersebut merupakan bentuk perlawanan sisitem imun tubuh untuk menetralkan zat iritan yang dihasilkan oleh bakteri serta memperbaiki jaringan kulit yang telah teriritasi.

Propionibacterium acnes terdapat dalam kelompok bakteri corynebacteria. Bakteri ini termasuk flora normal kulit. Propionibacterium acnes berfungsi pada patogenesis jerawat dengan menghasilkan lipase yang memecah asam lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak ini dapat mengakibatkan infalamasi jaringan ketiak berhubungan sistem imun dan mendukung terjadinya akne. Propionibacterium acnes termasuk bakteri yang tumbuh relatif lambat. Bakteri ini termasuk tipe bakteri anaerob gram positif yang toleran terhadap udara. Genome dari bakteri ini telah dirangkai dan sebuah penelitian menunjukkan beberapa gen yang dapat menghasilkan enzim untuk meluruhkan kulit dan protein, yang mungkin immunogenic (mengaktifkan sistem kekebalan tubuh).

bakteri-jerawat-113

        Kelompok Propionibacterium acnes

Kingdom : Bacteria
Phylum   : Actinobacteria
Class       : Actinobacteriadae
Order     : Actinomycetales
Family   : Propionibacteriaceae
Genus    : Propionibacterium
Spesies  : Propionibacterium acnes

Penyebab munculnya jerawat karena penyumbatan terjadi sebagian, maka akan timbul bintil hitam, dan jika penyumbatan yang terjadi total, maka akan timbul bintil putih. Bakteri yang tumbuh di dalam pori-pori ini bisa menyebabkan penyumbatan dan kemudian menguraikan beberapa kemak di dalam minyak yang pada akhirnya bsia menimbulkan masalah iritasi kulit. Jerawat merupakan bintil hitam dan juga bintil putih yang mengalami iritasi. Jika infeksi dari iritasi yang terjadi pada jerawat semakin membruk, maka bisa berbentuk abses.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak yang disertai jerawat banyak ditemukan pada anak remaja (pubertas) meskipun sebagian orang dewasa juga mengalami masalah ini. Kulit berminyak/jerawat perlu dibersihkan wajah sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Namun, sering membersihkan wajah  dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga keseimbangan harus dijaga berdasarkan kebutuhan kulit setiap individu. Dengan menggunakan pembersih, bebas minyak berbusa non-comedogenic yang mengandung salicylic acid/benzoyl peroxideberguna untuk mencegah jerawat.  Jenis kulit yang berminyak sepertinya merupakan jenis kulit yang paling banyak mempunyai masalah. Wanita dengan kulit berminyak pasti akan seringkali direpotkan oleh berbagai masalah yang menyerang kulit wajah. Kulit berminyak mempunyai pori-pori  yang terlihat besar, kulit pun akan terlihat berminyak sepanjang waktu. Untuk mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah, kita bisa menggunakan buah apel yang dihaluskan untuk kemudian dijadikan masker. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.
 Tapi ternyata tidak selamanya kulit berminyak membawa ‘bencana’ bagi pemiliknya. Wanita dengan kulit berminyak rupanya tidak akan direpotkan dengan kulit yang keriput pada masa tuanya nanti.
Ya, meskipun penulis punya wajah yang berminyak dan kadang jerawatan, tapi no problem… karena itu aset terhindar dari keriput di masa tua nanti, amiin… ^_^
Dengan perawatan yang baik dan selalu berwudhu insyaalloh wajah kita akan senantiasa cerah dan bersinar…

Source: http://www.penyebabjerawat.com/bakteri-penyebab-jerawat/  dan  http://www.radar-indo.com/2013/10/jenis-kulit-wajah-wanita-dan.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s